selamat siang sobat BC.
semoga sahabat dalam keadaan sehat yang wal afiat, aamiin.
Untuk para guru yang masih bingung dengan rubrik penilaian, terlalu banyak sumber, dan terlalu banyak masukan dari sana-sini. kali ini tidak usah bingung karena apa, karena sesungguhnya RUBRIK PENILAIAN kurikulum 2013 itu tidak susah kalau menurut saya pribadi, dan tidak usah lagi bingung dengan RUBRIK PENILAIAN. semua rubrik penilaian itu benar namun tergantung kita mau memakai yang mana, segala sesuatu nya harus di sesuaikan dengan apa yang kita butuhkan, jangan pernah asal memasukan harus sesuai dengan apa yang akan kita ajarkan. isi RPP dan rubrik penilaian tentunya saling berkesenimbungan. Banyak yang mengatakan membuat RPP kurikulum 2013 sangat sulit, membuat pusing terlebih lagi di bagian rubrik penilaian, (ya memang pusing, kalau kitanya copas. ya kita tidak akan mengerti kalau kita hanya sekedar copas) jadi intinya jangan copas langsung print, kita pahami dulu segala isinya dan kemudian bahan tersebut menjadi acuan bukan menjadi contekan... sebelumnya saya sudah posting RPP di wordpress bcvirtualpublisher8.wordpress.com sedangkan sekarang kita posting mengenai rubrik penilaian, disini saya akan psoting berupa file supanya Anda semuanya dapat mendownload nya dan juga yang berbentuk tulisan biasa.
yang mau download silahkan klik link ini RUBRIK PENILAIAN
Penilaian
A. Teknik
Penilaian
-
Tes tertulis
-
Unuk Kerja
-
Observasi (Pengamatan)
B. Instrumen
Penilaian
1. Tes
tertulis dalam bentuk soal. Penilaiannya dilakukan dengan cara menghitung
jumlah jawaban benar dari jumlah soal yang di berikan.
2. Instrumen
Unjuk Kerja, yaitu berupa rubrik penilaian. Berikut adalah rubrik-rubrik
penilaian yang dapat digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian unjuk kerja
siswa, sekaligus teknik penghitungan nilainnya.
Rubrik Percakapan
Kriteria
|
Skor
4
|
Skor
3
|
Skor
2
|
Skor
1
|
Pelafalan (Pronouncing)
|
Lafal dapat
difahami meskipun dengan aksen tertentu
|
Ada masalah dalam
pengucapan sehingga membuat pendengar harus fokus dan kadang-kadang
menimbulkan kesalahfahaman
|
Sulit dimengerti
karena ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering
|
Hampir selalu
keluar dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti
|
Tata bahasa
(Grammar)
|
Hampir tidak ada
kekeliruan tata bahasa
|
Terjadi beberapa
kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh terhadap arti
|
Banyak terjadi
kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti harus menyusun ulang kalimat
percakapan
|
Tata bahasa
sangat buruk sehingga percakapan sangat sulit difahami
|
Kosakata
(Vocabulary)
|
Kadang-kadang
pelafalan tidak tepat dan mengharuskan penjelasan lebih lanjut karena
kosakata yang tidak sesuai
|
Sering
menggunakan kosakata yang tidak teoat sehingga dialognya menjadi terbatas
karena kosakata yang terbatas
|
Menggunakan
kosakata yang salah sehingga tidak dapat difahami
|
Kosakata sangat
terbatas sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog
|
Kelancran (Fluency)
|
Dialog lancar,
sangat sedikit menemui kesulitan
|
Tidak terlalu lancaar karenrtentua menemui
kesulitan bahasa
|
Sering ragu dan
berhenti karena keterbatasan bahasa
|
sering berhenti
dan diam selama dialog sehingga dialog tidak tercipta
|
Comprehension
|
Seluruh isi
percakapan dapat difahami meskipun sesekali ada pengulangan pada
bagian-bagian t
|
Sebagian besar
isi percakapan dimengerti meskiput ada beberapa pengulangan
|
Sulit mengikuti
dialog yang dilakukan kecuali pada bagian dialog umum dengan percakapan yang
perlahan-lahan dan banyak pengulangan
|
Tidak dapat
difahami bahkan dalam bentuk dialog yang singkat sekalipun.
|
Penialaian Percakapan
|
|||||||
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
||||
Kriteria ke-1
|
kriterian Ke-2
|
Kriterian ke-3
|
Kriteria ke-4
|
Kriteria ke-5
|
|||
1
|
Abdul Ghofur Bahari
|
4
|
3
|
3
|
2
|
4
|
16
|
2
|
Acep Sopiyulloh
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
15
|
3
|
Adela Khoerunisa
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
17
|
...
|
....................................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Rumus perhitungan nilai
siswa, sebagai berikut:
|
Keterangan skor yang
diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1
sampai dengan ke-5
Skor maksimal/ideal
adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang
ditetapkan (ada 5 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal = 4x5=20
Sehingga perhitungan
nilai akhir siswa adalah:
Abdul Ghofur Bahari: 

Bila di konversikan ke
skala 4 maka, 

Rubrik Penilaian
Menulis
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Ide
Penulisan
|
Ide
yang dipilih orisinal, ide sangat sesuai dengan genre yang dipilih, ide
dikembangkan dengan tepat dan tearah
|
Hanya
memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi sama sekali 4 ketentuan yang telah di
tetapkan
|
Organisasi/struktur
teks dan isi
|
Teks
sesuai dengan genre yang dipilih, ketentuan dan ciri-ciri genre yang dipilih
diikuti dengan sempurna, ide penulisan dan informasi yang disajikan sangat
relevan, isi teks sangat mudah dipahamii
|
Hnya
memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi semua kriteria yang ditetapkan
|
Tata
bahasa
|
Tidak
ada kesalahan tata bahasa uang signifikan, makna dan isi teks dapat dipahami
dengan jelas
|
Ada
beberapa kesalahan tata bahasa namun tidak terlalu berpengaruh terhadap makna
kalimat dan isi teks
|
Sering
ditemukan kesalahan tata bahasa, namun makna dan isi teks masih dapat
dipahami
|
Banyak
sekali kesalahan tata bahasa sehingga makna dan isi teks sulit dipahami
|
Perbendaharaan
Kata
|
Kalimat-kalimat
yang digunakan sangat efektif, menggunakan variasi lexical dengan benar,
menguasai bentuk kata dan idiom dengan benar dan efektif, istilah-istilah
digunakan dengan benar
|
Hanya
memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
|
Hanya
memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi semua kriterua yang ditetapkan
|
Penialaian Percakapan
|
|||||||||||
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
||||||||
Kriteria ke-1
|
kriterian Ke-2
|
Kriterian ke-3
|
Kriteria ke-4
|
||||||||
1
|
Abdul Ghofur Bahari
|
4
|
3
|
3
|
2
|
12
|
|||||
2
|
Acep Sopiyulloh
|
4
|
3
|
3
|
4
|
14
|
|||||
3
|
Adela Khoerunisa
|
3
|
4
|
4
|
3
|
14
|
|||||
...
|
....................................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
|||||
Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut:
|
Abdul Ghofur Bahari: 

Bila di konversikan ke
skala 4 maka, 

Rubrik Penilaian Proyek
Kriteria
|
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
Orisinalitas
ide
|
Ide
ditentukan sendiri dengan mandiri
|
Ide
dirumuskan dengan adanya masukan dari guru atau pihak lain
|
Ide
dirumuskan dengan bantuan guru atau pihak lain
|
Ide
diberikan oleh guru atau pihak lain
|
Kreativitas
|
Kreatifitas
dalam membuat proyek sangat menonjol dengan adanya komposisi warna, garis,
bentuk, dan ornamen-ornamen yang menarik dan variatif, tanpa mengganggu isi
pembuatan proyek
|
Kreatifita
dengan adanya variasi warna, garis, dan bentuk, namun tampilan kurang
menarik, sedangkan isi dan tujuan proyek sudah sesuai dengan ketentuan yang
ditetapkan
|
Kreatifitad
kurang sehingga tampilan kurang menarik, isi dan tujuan proyek masih sesuai
dengan ketentuan yang ditetapkan
|
Baik
kreatifitas maupun isi dan tujuan proyek tidak sesuai dengan yang telah
ditetapkan
|
Waktu
penyelesaian proyek
|
Proyek
diselesaikan sesuai dengan target waktu yang diberikan
|
Proyek
diselesaikan dengan sedikit tambahan waktu, namun tidak melebihi hari yang
ditetapkan
|
Proyek
diselesaikan dengan tambahan waktu maksimum 1 hari
|
Proyek
tidak selesai meskipun ssudah diberikan tambahan waktu 1 hari
|
Kesesuaian
proyek dengan permintaan tugas
|
Proyek
memnuhi semua ketentuan yang ditetapkan
|
Ada
sebagian kecil ketentuan tidak terpenuhi
|
Sebagian
besar ketentuan tidak terpenuhi
|
Proyek
sesuai dengan ketentuan sama sekali.
|
Penialaian Percakapan
|
|||||||
No
|
Nama Siswa
|
Perolehan Skor
|
Jumlah skor perolehan
|
||||
Kriteria ke-1
|
kriterian Ke-2
|
Kriterian ke-3
|
Kriteria ke-4
|
||||
1
|
Kelompok 1
|
3
|
3
|
3
|
4
|
12
|
|
2
|
Kelompok 2
|
4
|
3
|
3
|
4
|
14
|
|
3
|
Kelompok 3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
14
|
|
...
|
...................................
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Rumus perhitungan nilai
kelompok, sebagai berikut:
|
Kelompok 1: 

Bila di konversikan ke
skala 4 maka, 

3. Penilaian
sikap melalui Observasi
Lembar
pengamatan sikap pada kegiatan membaca
No
|
Sikap yang
diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat
(√)
|
1
|
Ketertiban selama kegiatan
|
||
2
|
Keseriusan selama kegiatan
|
||
3
|
Tanggung jawab dalam melaksanakan
tugas
|
Lembar
pengamatan sikap pada kegiatan Diskusi
No
|
Sikap yang
diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat
(√)
|
1
|
Partisipasi dalam diskusi
|
||
2
|
Rasa percaya diri dalam mengemukakan
pendapat
|
||
3
|
Saling menghormati dan menghargai
|
||
4
|
Tanggung jawab dalam menyeleesaikan
tugas
|
Lembar
pengamatan sikap pada kegiatan kerja kelompok
No
|
Sikap yang
diamati
|
Terlihat (√)
|
Tidak terlihat
(√)
|
1
|
Kerja sama
|
||
2
|
Ketertiban
|
||
3
|
Tanggung jawab
|
||
4
|
Kepedulian
|
Format
hasil pengamatan kegiatan membaca
No
|
Nama siswa
|
Sikap 1
|
Sikap 2
|
Sikap 3
|
|||
Terlihat
|
Tidak terlihat
|
Terlihat
|
Tidak terlihat
|
Terlihat
|
Tidak terlihat
|
||
1.
|
Abdul Ghofur Bahari
|
||||||
2.
|
...................
|
Terima kasih, ini menginspirasi, izin download
BalasHapusTerima kasih, ini menginspirasi, izin download
BalasHapus