Kamis, 16 April 2015

RUBRIK PENILAIAN

selamat siang sobat BC. 
semoga sahabat dalam keadaan sehat yang wal afiat, aamiin.

Untuk para guru yang masih bingung dengan rubrik penilaian, terlalu banyak sumber, dan terlalu banyak masukan dari sana-sini. kali ini tidak usah bingung karena apa, karena sesungguhnya RUBRIK PENILAIAN kurikulum 2013 itu tidak susah kalau menurut saya pribadi, dan tidak usah lagi bingung dengan RUBRIK PENILAIAN. semua rubrik penilaian itu benar namun tergantung kita mau memakai yang mana, segala sesuatu nya harus di sesuaikan dengan apa yang kita butuhkan, jangan pernah asal memasukan harus sesuai dengan apa yang akan kita ajarkan. isi RPP dan rubrik penilaian tentunya saling berkesenimbungan. Banyak yang mengatakan membuat RPP kurikulum 2013 sangat sulit, membuat pusing terlebih lagi di bagian rubrik penilaian, (ya memang pusing, kalau kitanya copas. ya kita tidak akan mengerti kalau kita hanya sekedar copas) jadi intinya jangan copas langsung print, kita pahami dulu segala isinya dan kemudian bahan tersebut menjadi acuan bukan menjadi contekan... sebelumnya saya sudah posting RPP di wordpress bcvirtualpublisher8.wordpress.com sedangkan sekarang kita posting mengenai rubrik penilaian, disini saya akan psoting berupa file supanya Anda semuanya dapat mendownload nya dan juga yang berbentuk tulisan biasa.

yang mau download silahkan klik link ini RUBRIK PENILAIAN

Penilaian
A.    Teknik Penilaian
-          Tes tertulis
-          Unuk Kerja
-          Observasi (Pengamatan)
B.     Instrumen Penilaian
1.      Tes tertulis dalam bentuk soal. Penilaiannya dilakukan dengan cara menghitung jumlah jawaban benar dari jumlah soal yang di berikan.
2.      Instrumen Unjuk Kerja, yaitu berupa rubrik penilaian. Berikut adalah rubrik-rubrik penilaian yang dapat digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian unjuk kerja siswa, sekaligus teknik penghitungan nilainnya.
Rubrik Percakapan
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Pelafalan (Pronouncing)
Lafal dapat difahami meskipun dengan aksen tertentu
Ada masalah dalam pengucapan sehingga membuat pendengar harus fokus dan kadang-kadang menimbulkan kesalahfahaman
Sulit dimengerti karena ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering
Hampir selalu keluar dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti
Tata bahasa (Grammar)
Hampir tidak ada kekeliruan tata bahasa
Terjadi beberapa kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh terhadap arti
Banyak terjadi kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti harus menyusun ulang kalimat percakapan
Tata bahasa sangat buruk sehingga percakapan sangat sulit difahami
Kosakata (Vocabulary)
Kadang-kadang pelafalan tidak tepat dan mengharuskan penjelasan lebih lanjut karena kosakata yang tidak sesuai
Sering menggunakan kosakata yang tidak teoat sehingga dialognya menjadi terbatas karena kosakata yang terbatas
Menggunakan kosakata yang salah sehingga tidak dapat difahami
Kosakata sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog
Kelancran (Fluency)
Dialog lancar, sangat sedikit menemui kesulitan
 Tidak terlalu lancaar karenrtentua menemui kesulitan bahasa
Sering ragu dan berhenti karena keterbatasan bahasa
sering berhenti dan diam selama dialog sehingga dialog tidak tercipta
Comprehension
Seluruh isi percakapan dapat difahami meskipun sesekali ada pengulangan pada bagian-bagian t
Sebagian besar isi percakapan dimengerti meskiput ada beberapa pengulangan
Sulit mengikuti dialog yang dilakukan kecuali pada bagian dialog umum dengan percakapan yang perlahan-lahan dan banyak pengulangan
Tidak dapat difahami bahkan dalam bentuk dialog yang singkat sekalipun.

Penialaian Percakapan
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Jumlah skor perolehan
Kriteria ke-1
kriterian Ke-2
Kriterian ke-3
Kriteria ke-4
Kriteria ke-5
1
Abdul Ghofur Bahari
4
3
3
2
4
16
2
Acep Sopiyulloh
3
3
3
3
3
15
3
Adela Khoerunisa
3
4
4
3
3
17
...
....................................
...
...
...
...
...
...
Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut:

 x 100
 
 


Keterangan skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria ke-1 sampai dengan ke-5
Skor maksimal/ideal adalah hasil perkalian skor tertinggi (4) dengan jumlah kriteria yang ditetapkan (ada 5 kriteria). Jadi skor maksimal/ideal = 4x5=20
Sehingga perhitungan nilai akhir siswa adalah:
Abdul Ghofur Bahari:
Bila di konversikan ke skala 4  maka,
Rubrik Penilaian Menulis
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Ide Penulisan
Ide yang dipilih orisinal, ide sangat sesuai dengan genre yang dipilih, ide dikembangkan dengan tepat dan tearah
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi sama sekali 4 ketentuan yang telah di tetapkan
Organisasi/struktur teks dan isi
Teks sesuai dengan genre yang dipilih, ketentuan dan ciri-ciri genre yang dipilih diikuti dengan sempurna, ide penulisan dan informasi yang disajikan sangat relevan, isi teks sangat mudah dipahamii
Hnya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi semua kriteria yang ditetapkan
Tata bahasa
Tidak ada kesalahan tata bahasa uang signifikan, makna dan isi teks dapat dipahami dengan jelas
Ada beberapa kesalahan tata bahasa namun tidak terlalu berpengaruh terhadap makna kalimat dan isi teks
Sering ditemukan kesalahan tata bahasa, namun makna dan isi teks masih dapat dipahami
Banyak sekali kesalahan tata bahasa sehingga makna dan isi teks sulit dipahami
Perbendaharaan Kata
Kalimat-kalimat yang digunakan sangat efektif, menggunakan variasi lexical dengan benar, menguasai bentuk kata dan idiom dengan benar dan efektif, istilah-istilah digunakan dengan benar
Hanya memenuhi 3 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 2 dari 4 ketentuan yang ditetapkan
Hanya memenuhi 1 atau bahkan tidak memenuhi semua kriterua yang ditetapkan

Penialaian Percakapan

No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Jumlah skor perolehan
Kriteria ke-1
kriterian Ke-2
Kriterian ke-3
Kriteria ke-4
1
Abdul Ghofur Bahari
4
3
3
2
12
2
Acep Sopiyulloh
4
3
3
4
14
3
Adela Khoerunisa
3
4
4
3
14
...
....................................
...
...
...
...
...

Rumus perhitungan nilai siswa, sebagai berikut:

 x 100
 
 


Abdul Ghofur Bahari:
Bila di konversikan ke skala 4  maka,
Rubrik Penilaian Proyek
Kriteria
Skor 4
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Orisinalitas ide
Ide ditentukan sendiri dengan mandiri
Ide dirumuskan dengan adanya masukan dari guru atau pihak lain
Ide dirumuskan dengan bantuan guru atau pihak lain
Ide diberikan oleh guru atau pihak lain
Kreativitas
Kreatifitas dalam membuat proyek sangat menonjol dengan adanya komposisi warna, garis, bentuk, dan ornamen-ornamen yang menarik dan variatif, tanpa mengganggu isi pembuatan proyek
Kreatifita dengan adanya variasi warna, garis, dan bentuk, namun tampilan kurang menarik, sedangkan isi dan tujuan proyek sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
Kreatifitad kurang sehingga tampilan kurang menarik, isi dan tujuan proyek masih sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan
Baik kreatifitas maupun isi dan tujuan proyek tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan
Waktu penyelesaian proyek
Proyek diselesaikan sesuai dengan target waktu yang diberikan
Proyek diselesaikan dengan sedikit tambahan waktu, namun tidak melebihi hari yang ditetapkan
Proyek diselesaikan dengan tambahan waktu maksimum 1 hari
Proyek tidak selesai meskipun ssudah diberikan tambahan waktu 1 hari
Kesesuaian proyek dengan permintaan tugas
Proyek memnuhi semua ketentuan yang ditetapkan
Ada sebagian kecil ketentuan tidak terpenuhi
Sebagian besar ketentuan tidak terpenuhi
Proyek sesuai dengan ketentuan sama sekali.

Penialaian Percakapan
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Jumlah skor perolehan
Kriteria ke-1
kriterian Ke-2
Kriterian ke-3
Kriteria ke-4
1
Kelompok 1
3
3
3
4
12
2
Kelompok 2
4
3
3
4
14
3
Kelompok 3
3
4
4
3
14
...
...................................
...
...
...
...
...
Rumus perhitungan nilai kelompok, sebagai berikut:

 x 100
 
 


Kelompok 1:
Bila di konversikan ke skala 4  maka,
3.      Penilaian sikap melalui Observasi
Lembar pengamatan sikap pada kegiatan membaca
No
Sikap yang diamati
Terlihat ()
Tidak terlihat ()
1
Ketertiban selama kegiatan


2
Keseriusan selama kegiatan


3
Tanggung jawab dalam melaksanakan tugas



Lembar pengamatan sikap pada kegiatan Diskusi
No
Sikap yang diamati
Terlihat ()
Tidak terlihat ()
1
Partisipasi dalam diskusi


2
Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat


3
Saling menghormati dan menghargai


4
Tanggung jawab dalam menyeleesaikan tugas



Lembar pengamatan sikap pada kegiatan kerja kelompok
No
Sikap yang diamati
Terlihat ()
Tidak terlihat ()
1
Kerja sama


2
Ketertiban


3
Tanggung jawab


4
Kepedulian



Format hasil pengamatan kegiatan membaca
No
Nama siswa
Sikap 1
Sikap 2
Sikap 3
Terlihat
Tidak terlihat
Terlihat
Tidak terlihat
Terlihat
Tidak terlihat
1.
Abdul Ghofur Bahari






2.
...................







2 komentar: